Thursday, July 28, 2011

RESUME 27 Juli 2011

Pada hari Rabu, 27 Juli 2011, kami kembali mengikuti kegiatan PPAB di kampus. Kami berkumpul di pagi hari di lapangan GSG lalu dimobilisasi menuju lapangan pool bus. Di sana, kami dikumpulkan dan setelah cek spec, kami bersiap melakukan olahraga pagi. Kami meakukan lari pagi mengelilingi pool bus hingga ke gsg lalu kembali ke pool bus lewat depan sunken court dua kali. Selagi berlari, ada beberapa yang tidak kuat dan segera memisahkan diri. Kami juga meneriakkan yel-yel TI-MRI untuk memberi semangat kepada teman-teman kami selagi berlari. Setelah selesai berlari dan diberi waktu istirahat untuk duduk dan minum air, kami disuruh untuk menyanyikan lagu angkatan yang telah kami latih sebelumnya. Beberapa dari kami juga ditunjuk untuk menjelaskan makna dari lambang angkatan yang telah kami buat dalam bentuk bendera.

Setelah kegiatan pagi di lapangan pool bus, kami kembali bergerak menuju Ruang Seminar Departemen Teknik Industri. Acara berikutnya adalah presentasi tentang perangkat-perangkat MTI. Presentasi yang pertama adalah presentasi Senator MTI dan tim nya. Kak Offu, Senator MTI untuk kepengurusan yang sekarang, menjelaskan tentang apa itu Senator dan apa saja tugas atau kewajiban yang dipegangnya. Ia menjelaskan bahwa Senator adalah perwakilan dari MTI dan himpunan lainnya yang bergabung dalam Kongres Mahasiswa ITB. Kongres Mahasiswa ITB sendiri adalah bagian dari perangkat Kabinet Mahasiswa ITB. Di dalam Kongres tersebut, terdapat perwakilan dari setiap himpunan di ITB dan mereka secara rutin mengadakan rapat-rapat untuk membahas atau mengkaji suatu topik yang mempunyai dampak kepada para mahasiswa di ITB, seperti membahas PROKM yang akan datang, RUU yang berkaitan dengan perguruan tinggi, dan sebagainya. Senator juga mempunyai tim yang ikut dalam kongres ini, mereka semua mengambil andil dalam divisi-divisi yang berbeda dalam kongres.

Berikutnya adalah presentasi dari Badan Perwakilan Anggota (BPA) MTI. BPA adalah badan legislatif dalam susunan perangkat MTI dan kedudukannya setara dengan Ketua Umum MTI. Fungsi utama BPA MTI antara lain Aspiratif, yaitu mengumpulkan aspirasi anggota dan menjembatani Ketua Umum dan Badan Pengurusnya dengan para anggota MTI lainnya, Pertimbangan, yaitu memberikan pertimbangan dan masukan kepada Ketua Umum mengenai kinerjanya atau program kerjanya, dan Kontrol, yaitu mengawasi proker atau kegiatan dan kebijakan Ketua Umum agar tetap mengikuti nilai-nilai MTI dan juga mengevaluasi AD/ART.

Terakhir adalah presentasi Ketua Umum dan Badan Pengurus-nya. Kahim Dodop menjelaskan tentang visi misi MTI serta susunan BP dan peran setiap anggotanya. Mulai dari Sekjen hingga para Ketua Divisinya, satu persatu kewajibannya dijelaskan dengan singkat. Presentasinya kurang lebih sama dengan saat tourlab FTI. Hal yang paling menarik minat saya adalah ComDev yang bertugas mengembangkan desa secara kontinu.

No comments:

Post a Comment